Tips Membersihkan Rumah Setelah Kebanjiran

Properti.handy.co.idTips membersihkan rumah setelah kebanjiran. Setelah dilanda banjir, rumah biasanya akan tampak kumuh dan kotor karena tidak sedikit sampah yang berserakan karena terbawa arus banjir, atau sisa dari endapan lumpur yang menjijikan akan masuk ke seluruh lantai rumah.

Apabila tidak segera dibersihkan, maka hal ini tentunya jelas akan mengganggu kebersihan rumah dan juga dapat mengancam kesehatan seluruh keluarga. Agar rumah kembali bersih dan nyaman, sebaiknya segeralah untuk membersihkannya dengan tips berikut ini:

Tips Membersihkan Rumah Setelah Kebanjiran

tips membersihkan rumah setelah kebanjiran

  1. Putuskan Aliran Listrik
    Biasanya PLN memutus saluran listrik di daerah yang sedang dilanda banjir. Tetapi apabila aliran listrik di rumahmu menyala, segeralah matikan, untuk menghindari bahaya korsleting atau tersengat listrik.
  2. Gunakanlah Air Bersih
    Banjir sudah barang tentu akan mengundang lumpur masuk ke dalam rumah. Jadi, sediakan selang panjang dan serokan karet guna membersihkan lumpur dari dalam rumah. Jangan lupa untuk membersihkan sudut-sudut ruangan yang sulit untuk dijangkau terlebih dulu.
  3. Pakailah Sarung Tangan, Alas Kaki dan Masker
    Setelah banjir memang dikenal cukup rentan dengan penyebaran banyak jenis penyakit. Bisa karena penyakit dari gigitan nyamuk, serangga, pencernaan dan pernafasan. Supaya meminimalisasi penularan, ada baiknya apabila kamu segera mengenakan sarung tangan, alas kaki dan masker saat sedang membersihkan rumah.
  4. Menyemprotkan Disinfektan
    Masih tentang timbulnya beragam penyakit setelah banjir, disinfektan sangat dibutuhkan saat membersihkan hunian. Semprotkan disinfektan ke dinding, lantai dan daerah yang sulit terjangkau seperti kolong lemari atau di sela-sela meja.
  5. Merebus Peralatan Makan
    Penyakit pencernaan paling mudah menjangkit setelah banjir. Untuk menghindarinya, rebuslah peralatan makan yang terbuat dari logam selama 5 sampai 10 menit, atau setidaknya disiram menggunakan air mendidih.
    Selain itu, kamu juga dapat menyiasatinya dengan menggunakan wadah makanan yang terbuat dari plastik selagi menunggu wadah makanan yang terbuat dari logam menjadi bersih.
  6. Menjemur Semua Barang yang Lembap
    Yang terakhir, lakukan pengeringan dengan memanfaatkan cahaya matahari. Hal ini ternyata cukup efektif untuk mengembalikan kondisi barang-barang untuk dapat digunakan kembali. Pengeringan tersebut juga bisa membunuh kuman dan mengurangi bau yang tak sedap.
    Untuk barang-barang berukuran kecil seperti pada pakaian, selimut, atau handuk dapat dicuci dengan cara biasa atau direndam terlebih dahulu menggunakan air panas.
    Untuk karpet dan kasur, setelah dibersihkan dan dijemur, perlu disemprot juga dengan cairan disinfektan guna membunuh kuman yang bersarang. Setelah itu lakukan penjemuran sampai kering kembali.

Baca juga :

  1. Cara mengurus IMB
  2. Cara mengurus sertifikat tanah yang hilang
  3. Jenis jenis properti

Semoga artikel tentang penjabaran cara membersihkan rumah setelah kebanjiran ini dapat menambah ilmu para pembaca. Artikel properti ini boleh dishare ke teman-teman kalian agar mereka juga mengetahuinya. Salam hangat dan terimakasih.

 

 

Tips Membersihkan Rumah Setelah Kebanjiran | ahmad handi | 4.5